Bersihkan tamanmu dari kekosongan dengan Kelinci yang Manis Manja

Friday 15 May 2015

Merawat Kelinci Hamil

Merawat Kelinci Hamil - Kelinci adalah binatang dengan kemampuan reproduksi yang bagus. Kelinci dapat hamil dan melahirkan sebanyak lima sampai enam kali dalam setahun. Satu betina kelinci bisa menghasilkan kelinci 10 sampai 20 kelinci. Kemungkinan kelinci mengalami hamil ganda sangat besar sekali sebab kelinci memiliki dua uterus sehingga mengakibatkan multiple impregnations. Hal ini tentu saja sangat menyenangkan bagi para peternak kelinci. Kelinci yang sedang hamil tidak menunjukkan ciri fisik yang nyata. Hampir tidak ada bedanya dengan kelinci yang tidak hamil. Padahal kelinci yang sedang hamil butuh penangan khusus agar sehat kandungannya. Jika anda menyayangi hewan kelinci anda namun tidak memahami seputar kehamilan kelinci, rasanya tidak lengkap hobi anda tanpa pengetahuan yang mendalam tentang kelinci.

Masa Kehamilan Kelinci

Kelinci yang sedang hamil akan terlihat pada usia hari ke-14, setelah anda mengawinkan betina dengan pejantan. Selama 7 hari pasca anda mengawinkan betina dan pejantan biasannya tidak terlihat ciri fisik yang ketara pada betina kelinci. Dalam hitungan hari 7 sampai 14 janin kelinci mulai tumbuh. Adapun ciri kelinci hamil yang dimaksudkan adalah sebagai berikut:

  1. Kelinci betina menjadi agresif. Serta betina tidak mau bila dikawinkan dengan kelinci pejantan.
  2. Dilihat di sekitar mulut kelinci akan nampak warna kemerah-merahan yang menandakan kelinci tersebut sedang hamil
  3. Betina kelinci menjadi agresif, bahkan stres dan mengamuk kandangnya sendiri. Dan bila dilepas di tempat terbuka ia akan mencari tanah untuk digali sebuah lubang. Bagi para peternak dapat melakukan antisipasi hal tersebut dengan memasukkannya ke dalam kotak di usia kehamilan di atas hari ke-25.
  4. Nafsu makan kelinci betina meningkat, sehingga kelinci betina akan banyak menghabiskan pakan.
  5. Pemberian pakan ini sangatlah vital. Sebab bila kekurangan makanan kelinci akan stres dan dapat menyebabkan kelinci menjadi kanibal. Serta air minum yang kurang juga dapat mempengaruhi produksi susu.
  6. Pada usia 17 hari perut kelinci akan terlihat besar.
  7. Pada usia hamil tua sekitar hari ke 23- 25 kelinci akan semakin besar perutnya dan bibirnya akan semakin merah merona.
  8. Kelinci akan melahirkan pada usia ke 29 - 30 dan ditandai dengan kegelisahan yang terlihat pada kelinci.
  9. Selain itu kelinci yang akan melahirkan biasanya bulunya banyak yang kusut dan rontok.

Langkah yang Harus Dilakukan pada Kelinci yang Hamil


Merawat Kelinci Hamil
Bayi Kelinci


 

Anda perlu memberikan penanganan yang berbeda pada kelinci yang sedang hamil. Karena sama seperti hewan lainnya kelinci yang hamil tentu membutuhkan nutrisi yang lebih. Anda harus rajin membersihkan kebersihan kandang kelinci, buatlah kelinci merasa nyaman dan tidak stres. Buatkan sebuah alas didalam kandang kelinci untuk bayi kelinci ketika sudah lahir. Yang perlu diperhatikan adalah, ketika usia kandungan mencapai 35 - 36 sebaiknya anda tidak terlalu banyak melihat kelinci didalam kandang. Sebab itu akan membuat kelinci merasa gundah dan dapat mengakibatkan steres. Ketika bayi kelinci lahir sebaiknya anda juga menahan diri untuk melihat kelinic. Sebab hal itu berresiko membuat kelinci stres karena kelinci menganggapnya sebagai ancaman bagi dirinya dan bayinya. Jadi anda perlu sekali mengetahu cara Merawat Kelinci Hamil karena jika tidak kelinci anda akan mengalami hal buruk.
Facebook Twitter Google+

Silahkan berkomentar sesuai topik.
Komentar berunsur Sara akan kami hapus!

Back To Top