Bersihkan tamanmu dari kekosongan dengan Kelinci yang Manis Manja

Monday 11 May 2015

Makanan Alami Untuk Kelinci


Kelinci lucu


Makanan Alami Untuk Kelinci - Seperti makhluk hidup pada umumnya, kelinci juga merupakan makhluk hidup yang memerlukan makanan untuk keberlangsungan hidupnya. Banyak sekali jenis makanan untuk kelinci seperti pelet, sayuran, ketela, daunan, dan rumputan. Kelinci termasuk hewan yang cukup kuat instingnya, ia akan mencari makanan dengan insting yang dimilikinya.

Dalam memberi pakan pada hewan kelinci terdapat beberapa pilihan makanan yang dapat digunakan. Diantaranya makanan organik dan makanan buatan. Masing-masing dari pakan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Kali ini saya akan memberikan daftar pilihan makanan alami yang dapat diberikan pada kelinci, agar kelinci menjadi sehat dan subur.

Makanan Alami Untuk Kelinci

 

1. Daun Pepaya (Carica papaya L.)
Pohon pepaya umumnya tumbuh dengan tinggi 2-3 meter. Daun pohon pepaya memiliki ukuran yang lebar dan besar. Pada kelinci yang berumur 1-3 bulan sangat dianjurkan untuk memakan daun pepaya, untuk melakukan regenerasi tulang agar lebih kuat. Selain itu daun pepaya juga dapat menyembuhkan masalah pada kelinciyang susah makan.

2. Daun Legetan
Daun lagetan umumnya tumbuh di kebun atau ladang. Terlebih di tanah yang ditanami umbi-umbian. Daun ini berbau  wangi, sehingga dapat menambah nafsu makan apabila diberikan pada hewan kelinci.. Daun ini tidak mempunyai dampak negatif, apabila diberikan dalam jumlah banyak  tidak akan menimbulkan masalah. Justru daun lagetan ini merupakan makanan favorit kelinci.

3. Daun PisangDaun pisang bermanfaat menambah serat dalam pencernaan kelinci.  Pakan ini biasa diberikan apabila kelinci mengalami kekurangan serat, yang biasanya mengakibatkan kelinci diare. Akan tetapi jangan terlalu banyak memberikan daun pisang sebagai pakan. Cukup campurkan saja kedalam makanan kelinci, dan jangan terlalu banyak.

4. Daun Rambanan
Daun rambanan memiliki kandunagan air yang banyak, maka daun rambanan cocok untuk dijadikan makanan kelinci. Sebab kelinci menyukai makanan yang mengandung serat dan air.

6. Daun KangkungDaun kangkung juga tidak kalah kandungan air nya. Karena terlalu banyak mengandung air, daun kangkung sebaiknya dikeringkan dahulu, agar kelinci tidak mengalami diare. Selain itu kandungan air yang tinggi pada daun kangkung ini  dapat mengakibatkan bau kencing pada kelincing.

Makanan Alami Untuk Kelinci | Kangkung


8. Rumputan-rumputan
Jenis rumput yang cocok untuk kelinci bisa ditemukan di area persawahan. ebenarnya kelinci tidak begitu menyukai makanan rerumputan ini, tetapi rerumkputan dapat digunakan untuk makanan selingan.

9. Wortel
Wortel mengandung gizi yang sangat melimpah, sehingga sangat tepat bila diberikan pada kelinci disemua usia.Ketika memberikan wortel sebagai pakan, sebaiknya potonglah wortel manjadi beberapa bagaian kecil. Selain untuk memudahkan kelinci juga untuk mengurangi serat air didalam wortel.

Makanan Alami Untuk Kelinci | Wortel

Hal yang perlu diperhatikan


Dapat disimpulkan bahwa kelinci merupakan hewan yang menyukai makanan berserat. Akan tetapi jika makanan itu diberikan dalam jumlah yang terlalu banyak, akan memberikan efek samping. Makanan yang mengandug air sebaiknya diberikan dengan takaran yang tidak terlalu banyak. Sebab makanan alami untuk kelinci juga dapat memberikan dampak seperti bau kencing, dan kelinci akan mengalami diare.




Facebook Twitter Google+

Silahkan berkomentar sesuai topik.
Komentar berunsur Sara akan kami hapus!

Back To Top