Bersihkan tamanmu dari kekosongan dengan Kelinci yang Manis Manja

Saturday 16 May 2015

Memelihara Anak Kelinci

Anak Kelinci - Kelinci menjadi hewan komplementer dalam satu mata rantai kehidupan hewan. Kelinci menjadi mangsa bagi hewan buas dan predator. Perkembangbiakan kelinci sangat cepat dan efisien. Kesempatan hamil kelinci sangat besar apabila bertemu dengan pejantan. Hal itu menjadikan kelinci sebagai hewan yang sangat melengkapi dalam sebuah mata rantai.

Perkembangan kelinci yang cepat menghasilkan anak kelinci yang sangat banyak jumlahnya. Denga demikian kita tidak dapat mengontrol kelinci dengan baik. Pengamatan kita terhadap anak kelinci sangat sempit. Terlebih bila kita sedikit sekali memahami cara perawatan anak kelinci yang baru lahir.

Memelihara Anak Kelinci
Anak Kelinci Lucu

Memlihara Anak Kelinci

Anak kelinci yang masih berusia dibawah 2 bulan masih memiliki beberapa keistimewaan. Keistimewaan anak kelinci ini bisa dikatakan sebuah perlakuan khusu bagi kelinci, karena anak kelinci ini berbeda dengan kelinci yang sudah berusia tua. Selain itu kelinci muda juga memiliki ciri fisik yang unik. Biasanya kelinci yang masih muda memiliki mata yang cerah tidak layu, hidung bersih dan badan terlihat bugar.

Merawat kelinci muda ini tidaklah sulit. hanya dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman saja untuk merawat kelinci muda ini. Salah satu cara yang harus diperhatikan dalam memelihara kelinci muda yaitu tidak memberikan kangkung pada kelinci yang berusia dibawah 40 hari. Sebab anak kelinci ini masih sangat rentan kekebalan tubuhnya. Jika ia menerima makanan yang mengandung air maka akan mengakibatkan kelinci mencret. Pemberian wortel pun harus dibatasi.

Berbeda dengan kelinci hasil perkawinan silang. Kelinci australia biasanya memiliki kekebalan tubuh yang lebih dari pada kelinci lokal. Namun ada baiknya kita berhati-hati dalam memberikan makanan bagi kelinci muda, agar kelinci kita dapat bertahan hingga tumbuh besar dan menjadi kelinci lucu yang dapat memberikan kesenangan.

Perlu diperhatikan bahwa kelinci menyukai kangkung bukanlah faktor alami. Tapi sebenarnya kelinci itu merasa lapar dan anda memberikan kangkung pada kelinci. Otomatis kelinci akan memakannya dengan lahap. Kangkung serta sayur-sayuran lain seperti kubis mengandung banyak kandungan gas sehingga mengakibatkan bau kencing pada kelinci (amoniak).

Merawat Anak Kelinci

Dapat disimpulkan bahwa anak kelinci memiliki ketahanan tubuh yang berbeda dengan kelinci dewasa. Perlu diperhatikan masalah pakan bayi kelinci, agaar tidak terjadi resiko bayi kelinci yang sangat fatal. Pakan alami untuk kelinci harus disesuaikan dengan usia dan ketahanan tubuh kelinci. Kelinci lokal dan kelinci impor memiliki ketahanan tubuh yang berbeda.

Demikian tips memelihara anak kelinci semoga bermanfaat. Kelinci anda akan tumbuh normal dan menjadi kelinci yang sehat bila anda telah tepat Memelihara Anak Kelinci.
Facebook Twitter Google+

Silahkan berkomentar sesuai topik.
Komentar berunsur Sara akan kami hapus!

Back To Top